Senin, 09 Juli 2018

Pengambilan Paspor

Melanjutkan dari thread sebelumnya mengenai pengurusan paspor yang sangat mudah saat ini, selain pengurusannya yang mudah, pengambilannya pun sungguh sangat mudah dan cepat.

Setelah kalian membayar biaya pembuatan paspor, simpan bukti bayar, dan tanda bukti bayar.
3 hari kemudian anda bisa kembali lagi ke kanim saat anda membuat paspor. Waktu menyesuaikan.

Untuk pengambilan paspor ini waktunya adalah pukul 13.00 - 15.30 WIB, sesuai yang tercatat dalam kertas bukti bayar anda masing - masing.

Beginilah alurnya:
1. anda ke front desk dan menyerahkan dokumen bukti bayar anda
2. staff akan memindai barcode yang ada dalam bukti bayar
3. nomor antrian akan keluar.
4. tunggu antrian anda dipanggil (1 orang bisa hanya menghabiskan 3 menit)
5. setelah dipanggil, verifikasi bahwa anda pemegang paspor sendiri atau yang diberi kuasa.
6. jika anda pemegang paspor itu sendiri, maka anda akan diinstuksikan untuk menandatangani, form isian sebelumnya saat memngurus paspor ditempat penerima paspor.
7. paspor anda sudah ada dihadapan dan tinggal anda ttd untuk verifikasi identitas diri di paspor.
8. anda bisa segera pulang dengan membawa paspor baru dan lama anda.

So, simple banget kan?

Jadi, ternyata ketika kita mendapatkan antrian, pihak imigrasi sudah menyiapkan paspor kita. Jadi, tidak seperti dulu yang dicek manual dan menunggu paspor diambil terlebih dahulu.
Yuu, dicoba guys. :)

Selasa, 03 Juli 2018

Cara memperpanjang Paspor dengan Antrian Paspor Online



Sudah coba antrian paspor online?
Apa masih bingung?
Aku lagi merantau nih, emang bisa?
dan lain sebagainya. 

Pembuatan atau perpanjangan paspor kali ini sangat dipermudah dan gak PHP kaya dulu loh guys.

1. Fungsi dari antrian paspor online
 Sesuai pengalaman pribadi saya. Fungsi antrian online ini adalah untuk membatasi pengunjung       pada setiap harinya. Mengapa? agar tidak membludak dan bahan marah para netizen layaknya        dahulu kala, karna di PHPin.

Pembatasan ini terlihat pada saat kita akan booked nomor antrian. Nomor antrian ini bisa diambil    seminggu sebelum jadwal kedatangan. 
   Misal:
Saya akan mengambil jadwal pada tanggal 3 Juli 2018, pengambilan nomor antrian bisa diambil        dari tgl 25 Juni 2018 pukul 00.00 WIB. Nah untuk kedatangan di minggu awal juli ini bisa dipesan      dari mulai tgl 25 juni - 30 Juni / hingga kuota habis.

2.  Langkah - langkah pelayanan pembuatan/perpanjangan paspor

Pada saat kita memesan nomor antrian, kita akan diberi pilihan jadwal di pagi hari atau siang hari. Jika memilih pagi hari dan mendapat antrian jam 10 pagi, tetapi anda bisa dtg jam 7 pagi. lebih baik untuk datang pada jam 7 pagi. Karena jadwal antrian ini tidak menunjukkan waktu giliran anda   memberi dokumen. 

Ketika datang kita akan di beri nomor antrian baru sesuai kedatangan. Baru kita mulai dilayani  sesuai nomor antrian tersebut. Karena saat itu saya memperpanjang paspor, jadi saya akan menjelaskan langkah perpanjang paspor saja yah. 
   

NB: 
Saya bekerja di jakarta selatan. Kantor imigrasi yang saya datangi adalah Kanim kelas 1 Jakarta Selatan, di jalan ciputat raya, pondok pinang, kebayoran lama dengan menggunakan KTP daerah Bandung. So, berikut langkahnya:

Persyaratan dokumen yang harus disiapkan ( untuk yang KTP domisilinya berbeda dengan daerah kanim yang diikunjungi):
1. Paspor Lama. Asli dan FC dalam 1 A4 (hal.depan yang memuat identitas dan ttd dan hal. belakang yang memuat alamat)
2. KTP Asli dan FC (dalam 1 A4 FC bagian identitas dan juga bagian belakangnya jangan dipotong)
3. Surat keterangan Kerja / domisili
4. FC KK, Akte, Ijazah terakhir 
5. Membayar biaya pembuatan paspor Rp. 355.000 ( bisa transfer melalui atm / mbanking atau cash ke teller bank) dan untuk e-paspor Rp. 655.000,- ( hanya dilayani di kanim Besar seperti Imigrasi Jakarta selatan, Jakarta Timur)


FYI, kalo pake e-paspor ke Jepang tidak perlu ngurus Visaseribet dulu, hanya mengisi form isian saja, sambil melampirkan e-paspor, and we got free visa to Japan.

Kalau KTP domisili dan kanim yang dikunjungi dalam 1 daerah/wilayah, maka cukup bawa dokumen pada poin 1 dan poin 2. 

*Jangan lupa bawa pulpen.


Setelah persyaratan sudah siap, nomor antrian sudah di booked. (simpan screenshot barcode bagi yang tidak memiliki aplikasinya, supaya tidak perlu buka akun antrian paspor terlebih dulu). 

1. Berangkat ke Kanim yang telah di booked 
2. Menuju Front desk untuk dicek kelengkapan dokumen
3. Setelah lengkap, barcode di pindai oleh staff di front desk.
4. Nomor antrian baru akan keluar lengkap tertulis dengan nama kita.
5. Kita diberikan form isian (disini guna membawa pulpen sendiri)
6. Mengisi form isiin sambil menunggu dipanggil.
7. Tidak lama nomor kita akan dipanggil, dan akan terpampang jelas di layar yang ada didalam kanim lengkap dengan nama kita terpampang.

Selanjutnya...
8. Menuju loket yang dimaksud
9. Serahkan dokumen (pengecekan kembali)
10. Petugas akan memindai dokumen kita lalu klak klik sana sini, cek no HP. 
11. Petugas menggerakkan tangannya dan memegang sebuah kamera, tanpa basa basi 1,2,3 ceklek. difotolah kita. Kalo ada tanda - tanda petugs pegang kamera bersiap - siap untuk difoto ya guys.
12. Setelah di foto, sidik jari kita akan di pindai, jempol, telunjuk, jari tengah kanan kiri. 
13. Ditanya sedikit mau kemana dan kapannya. 
14. Bukti Pengantar pembayaran akan tercetak dan diserahkan ke kita, dan disitu tertera berapa dan kapan kita bisa mengambil paspor kita. 
15. Selesai proses di petugas, tinggal bayar deh di bank atau atm terdekat.
16. 3 hari kerja setelah pembayaran, saya baru bisa mengambil paspornya, disitu pun tertera waktu pengambilannya. 

Prosesnya sangatlah cepat, hanya memamng sedikit lama ketika menunggu. Itu mengapa banyak orang yang datang lebih pagi daripada jadwal. 

Referensi dari membaca dari blog beliau bisa di cek saja, lengkap juga.

https://lompatlompat.wordpress.com/2017/06/26/mengurus-paspor-dengan-aplikasi-antrian-paspor/

Jadi, kalo datang pagi itu, orang yang punya jadwal pagi sesi pertama yaitu jam 8 akan dipersilakan duluan untuk mengambil no antrian, lansia juga di dahulukan. Setelah habis yang di jadwal jam 8. Barulah staff disana akan mempersilakan orang yang sudah datang untuk mengambil antrian juga, terlepas jadawal dia jam 10 atau 11, semuanya bisa mengambil no antrian, dan akan dilayani sesuai nomor yang tercetak. 

So, datang pagi lebih baik. 

karna kalo sudah siang, tidak peduli jadwal kita jam 10 atau lebih pagi, kita akan dilayani sesuai jam kedatangan. 
dan kalo persyaratan kita ada yang kurang, kita dikasih waktu untuk melengkapinya ko. Tapi agar waktu dan pergerakan efektif, lebih baik perssyaratan tadi betul betul dibawa dan terpenuhi

Informasi sekarang sangat mudah ditemukan, semuanya ada di front desk. kalau masih ada yang bingung bisa tanya staff front desk disana. baik baik juga ko.

Layar antrian full dengan nama lengkap pengantri.


Kamis, 28 Juni 2018

[LOMBOK] Treat Your Trip part 2

Lombok Trip Land Way

Part 2

Lanjut acara selama di Gili Trawangan - Lombok

Day 3, 19 January 2016

16.00 Selesai beres - beres, kita keluar dan sewa sepeda seharga 40K seharian, bisa di sewa di setiap guest house biasanya. 

Jalan - jalan soreh sekitaran pantai, asyik. but we miss something. Kurang explore sebelum brgkt jadi gak tau ada ayunan hits di deket villa ombak,  sad :(



Foto cantik di guest house orang
Keliling - keliling sambil mencari layanan jasa snorkeling yang murah meriah tapi private.

Masih belum hasil, waktu sudah menunjukkan magrib, jadilah kita mampir untuk makan malam cantik pinggir pantai asyik. 

Nasi + Seafood goreng tepung only 38K
Tempat makannya lumayan cozy, harga sesuai dengan porsi, super kenyang. 38K ini dengan atau tanpa minum saya lupa. tapi di catatan, sudah di total, kemungkinan sudah dengan minum. Nama Tempat makannya JUKU MxxxxNG hahaha, lupa. 

Ini penampakannya

Karna belum dapet temat snorkeling, habis makan, balik guest house, solat trs lanjut nyari lagi. 

Finally kita dapet yang bisa mulai pagi - pagi banget (ngejar ke Lombok) dan private, seorang 100k. harga normalnya private itu 1jt sekapal, kita dpt 600k. Perlengkapan full set sama instrukturnya, minus camera underwater aja, kalo mau nyewa lagi 75k.
Lucky Trips

Abis dapet tempat snorkeling, jalan - jalan malam sambil ngabisin fee sepeda, hehe. 

FYI : Aksesoris disini harganya udah harga turis semuaaaa. Gelang - gelang pantai biasa gitu aja 100k satunya. Karena yang datang ke Gili trawangan kebanyakan turis sih. Oh ya, disini gak ada kendaraan bermotor loh, hanya sepeda dan cidomo (macem delman).

Jadi kalo mu beli oleh - oleh mending di Lombok kota aja. 

Day 4, 20 January 2016

05.00 Bangun, solat siap siap mau snorkeling. 
07.00 Sudah stay di agent snorkeling. 

07.30 Perlengkapan full dan siap berlayar. ayyay kapten.









Because of minim camera underwater. Jadi gak banyak fotonya,

Kita sempet snorkeling bareng penyu. ke kapal tenggelam. dapet 4 spot untuk snorkeling selama kurang lebih 2 jam. 

kalo mau snorkeling jan lupa bawa roti, jadi bisa berfoto ciamik dengan dikelilingi ikan ikan kecil yang makan roti kita. 

Finish snorkeling jam 11.00 an, karena checkout max jam 12.00 kita minta kelonggaran 1 kamar check out telat, karena belum bersih - bersih. Jadi kita bersih - bersih di 1 kamar mandi di 1 kamar. hahaha. 

12.44 kita otw dari Gili ke pelabuhan bangsal, naik perahu nelayan seharga 15K. 
Perahu Nelayan to Mataram
sebelum caw aku dan ilmi beli gelato karena penasaran dari kemarin (dulu gak sehits skrg) harganya 20K.

13.23 Sampai di pelabuhan bangsal langsung di jemput driver yang udah kita sewa seharga 1.350.000 selama 3 hari (ini kemahalan gak sih?) sambil nunggu di jemput ngabaso dulu di pelabuhan seharag 12k dan beli gelang lucu 5 biji seharga 55k di pelabuhan juga, lebih murah dibanding di gili, kualitas sama. 

First stop is bukit malimbu, and villa hantu sebelum check-in hotel. 


View dari bukit malimbu

View dari Villa Hantu
Kata abang driver dari villa hantu ini pantai yang keliatan itu pantai nipah. Memory mata sama kamera beda guys. Aslinya bagus banget, panas beut sih. Lanjut ke guest house. Dijalan mampir dulu ke sasaku sama ketempat oleh oleh makanan, karna mumpung satu arah kata abangnya.

Ini guest housenya cucok banget buat family, satu rumah gitu ada 3 kamar, 1 ruang tengah, dapur, 2 kamar mandi, disediain air minum dan roti juga. kompor juga, buat masak mie. 



Yara Family guest house, terbaikss.
Simpen barang, santai bentar, Otw langsung ke Pantai Ampenan. Masuknya gratis ko guys, paling bayar parkir ae kalo bawa kendaraan. Disini kaya alun - alun kota, tapi uniknya sebelah pantai hahaha.



Efek kamera selfie, jadi gak keliatan sunsetnya hehe.

kaya alun - alun kan


Spot foto bagus padahal :(
Abis liat sunset, kita otw cari ayam taliwang yang mesti dicoba, di lombok. Sekalian magriban di restonya.


Struk makan
Ayam taliwangnya pedes banget, kangkung plecingnya dabest, enaknya pol.

Next stop adalah tempat oleh - oleh, lagi. kali ini kita ke kelambi, macem sasaku, tapi lebih banyak dan lebih murah. 

Sampe guest house, Istirahat sekitar 21.30. Siap - siap ke pantai pink, di lombok timur nan jauh disana. 

Day 5, 20 January 2016

Today, will be a long trip, mataram ke Pantai pink kurang lebih 2 jam. List ittinerarynya adalah Tanjung Ringgit - pantai pink.

Jalan menuju ke pantai pink awalnya mulus, kanan kirinya ada sedikit perkampungan, terus pohon - pohon hutan, makin sini poon semua, jalan pun gerinjel. Jadi jangan anggep driver mau nyulik yah, emang begitu jalannya.





Tapi memang bener kata orang, perjalanan jauhnya bakal terbalaskan. Here we are, but ekstra hot.





Tanjung Ringgit View
Di Pantai Pink ini kalian bisa berperahu, snorkeling, atau santai kaya yang kita lakuin. main main air di pinggir pantai aja udah bahagia. Karena kemarin udah snorkeling, skrg mereka gak mau snorkeling lagi, makanya kita santai santai aja disini, makan mie dan es kelapa.

Pink Beach Panorama View
Kalo yang mau berenang disini, disediain tempat untuk bersih bersih, di setiap warung, tapi. dan ya kondisinya jauh dari nyaman memang, tapi lumayan buat ganti baju. 
Lebih baik pake toilet di resto yang kalian gunain buat makan dan minum, lebih menghargai.
Pasir pantainya betulan pink ko, kalo dari deket. Saya sampe bawa sebotol pasir pink dari sini.

Part terbaik nih abis ini. Makan. 

Setelah asyik main di pantai pink. Kita otw ke guest house lagi, mampir dulu ke tempat makan sekitar ashar jam 16.00. Menu kali ini adalah menu WAJIB yang harus  di coba ketika main ke Lombok. Sate Rembiga, super duper ngeunah pisan, mantap cooy. Abis makan ini kami jadi berkhayal membuka resto yang ada menu sate rembiganya, saking enak dan bikin kangen nih makanan. Recommended abis!
Sisa - sisa, gak sempet foto pas utuh. 

Jikalau tidak salah nyatet harganya se porsi 36rb, untuk lontong dihitung terpisah. 1 nya 2k. Habis makan, tiada hari tanpa belanja, mampir lagi lah kita ke toko souvenir terdekat.

Sampai rumah, kita bebenah, bersih - bersih karna besok harus pulang. Destinasi untuk esok hari ada ke taman Narmada, Desa sukarara, and sasak sade. Packing packing

Day 6, 21 January 2016

Pamitan sama rumah, eh iya FYI disini disediain wifi juga, wifi portable. So, comfortable banget kan Yara Family guest House inii. yoo cus sinih. 

First Destination today is Taman Narmada, Ini merupakan wilayah kerajaan dulunya. Disini ada air awet muda juga. Untuk biaya masuknya saya lupa kemungkinan di 10k, gak mahal ko pokonya (apa malah free?). 






Pure di Taman Narmada
Di sekitaran taman narmada ini ada yang jualan makanan ko, jadi jangan takut kelaparan.

Lanjut ke desa Sukarara. Kita flash jalan jalan mulai dari pagi karna kejar jam pulang pesawat 17.20

Desa Sukarara ini merupakan desa pengrajin kain tenun lombok. disini kita bisa nyobain nenun dan kalo ada kelebihan rezeki bisa beli kainnya. kainnya premium, jadi harganya pun agak premium. disini kita bisa nyobain baju khas lombok juga. 

Biaya semua itu adalah sesuai hati. jadi tidak dipatok. Tergantung kita ngasih berapa. 



Desa Sukarara View
Lanjut ke Sasak Sade, sasak sade merupakan tour desa tradisional. Disini kita membayar tour lokal seharga 20k seorang, dan mengisi daftar tamu. Nanti kita akan dipandu oleh tour leader asli sasak sade, keliling desa mereka.


Rumah di sasak sade ini jumlahnya tidak berubah. Jadi jika ada anak yang menikah, dia keluar dari desa untuk mencari tempat tinggal baru. 






Di Sasak Sade nih tempat membeli oleh - oleh yang terjangkau. Harga kain disini juga jauh dari Desa Sukarara. Kain tenun dengan songketny bisa didapat dengan harga 90rb dan masih bisa di tawar. harag perhiasaan mutiara disini berkisar 30-60k. Sangat terjangkau. 

Selesai berkeliling kami melanjutkan perjalanan menuju bandara. Selagi menuju bandara kita mampir untuk makan siang terlebih dahulu. Menu kali ini makanan khas selanjutnya, yaitu nasi balap puyung. Ini rasanya juga gak kalah enak dengan sate rembiga, Semacam nasi uduk?

harganya sangat terjangkau yaitu 10k tanpa ayam dan 16k dengan ayam kampung.
Tanpa Ayam

Dengan Ayam
Tempatnya pun dekat dengan Bandara, jadi kita bisa take a time disini. dan katanya rumah makan ini terkenal. RM. Cahaya. 

15.30 kita sudah sampai bandara dan siap untuk check-in. Karna masih banyak waktu kita foto - foto dulu.





Sampai bandara langsung solat dan kemudian check-in dan menunggu di area tunggu lion air. 

17.00 diberitahukan kalau pesawat ke BDG delay. DELAY. 

harusnya pesawat ini transit 2 jam di denpasar, makanya kita ambil penerbangan ini untuk bisa menjelajahi bandara denpasar, bali. Tapi why delay. 

Semua penumpang antri buat ambil cemilan yang disediakan pihak lion air. Karna masih gk cukup dan gk terbang terbang, alhasil kita beli makan lagi, KFC. 

18.00, 19.00, masih tidak ada tanda keberangkatan, 19.30 baru kita diberangkatkan 2 jam delay, dan itu waktu untuk keliling bandara. 

Setelah sampai denpasar kita di buru - buru dan dijemput bis untuk lgsg naik pesawat yang ke bdg. 
ya pada akhirnya kita duduk di pesawat dengan nyaman walau terengah - engah dan khawatir akan bagasi. 

Takut - takut ketinggalan di Denpasar, Alhamdulillah kita sampai BDG dengan selamat dan dijemput oleh ortu masing - masing.









Oh iya, kenapa kita pilih terbang pulangnya.
Jadi karna, liburannya ya gk budget budget banget. kita ambil jalan tengah buat ke lombok sedikit nyaman sedikit mengeluarkan uang.

Darat - darat   = Murah
Darat - Udara = Cukup murah
Udara - darat  = kecapean pulangnya kalo darat.
Udara - udara = Mahal

Urutan makanan terenak menurutku:
1. Sate rembiga
2. Nasi Balap Puyung
3. Plecing kangkung
4. Ayam Taliwang

Total biaya yang dikeluarkan:

ONGKOS BDG – LOMBOK
KERETA BDG – JOGJA          100.000   
JOGJA – SURABAYA                90.000   
KETAPANG – SANUR            135.000
SANUR - PADANG BAI              FREE   
PADANG BAI – GILI              236.000 
LOMBOK – BDG                    762.800 
ASURANSI                                12.500   
TOTAL                                 1.336.300

PENGELUARAN DI GILI
HOTEL                                     117.000
SNORKELING, 3 GILI           100.000
SEPEDAAN                               40.000
MAKAN                                     58.000 (masing - masing)
TOTAL                                     415.000

PENGELUARAN DI MATARAM
GILI – BANGSAL                       15.000

HARI PERTAMA
RENT CAR                               225.000
MAKAN HARI PERTAMA       
Bakso                                            12.000
Ayam taliwang                              45.000
plecing kangkung                          10.000
Es teh Manis                                   5.000
Tahu                                              10.000
Nasi                                                 5.000
HARI KEDUA
MAKAN  
Indomie Rebus                            N/A (lupa) 
Es kelapa muda                           25.000
Sate Rembiga                              36.000
HARI KETIGA
Narmada                                     10.000
Sasak Sade                                  20.000
Nasi Balap Puyung                     10.000
Es Teh Manis                                5.000
KFC                                            40.000
Sukarara                                      40.000
TOTAL                                     513.000  

Ongkos            1.336.300
Hotel                   184.000
                            117.000
Pengeluaran      513.000
TOTAL           2.565.300

Note: *Minus pengeluaran pribadi dan Oleh - oleh
          *Harga sewaktu - waktu bisa berubah



~ Terimakasih telah menyempatkan membaca~

Mengenai Saya

Foto saya
Here I am... Starting a new life...
Cuteki free cards

Pengikut